Mengenal AWS Global Infrastruktur

Halo kembali lagi dengan saya Ahmad saat ini saya akan menjelaskan terkait AWS Global infrastruktur ya!

Sebelum kita menggunakan layanan-layananya kita juga harus paham terkait infrastruktur yang telah dibuat oleh AWS, yang layanan-layanan nya bisa kita gunakan untuk kebutuhan bisnis kita. OK ! Langsung saja untuk layanan di AWS sendiri itu ada banyak ya! jadi kategorinya itu sampai puluhan kategori dan 1 kategori itu ada banyak layanan-layanan yang bisa kita gunakan contohnya kategori Compute, Container, Storage, Database dan masih banyak lagi. Lebih Lengkapnya bisa disimak gambar dibawah ini.

  • Layanan-layanan yang ada di AWS

Jadi! kita tidak perlu tahu semua ini kita tidak perlu paham cara menggunakan puluhan kategori ini kita tinggal menyesuaikan saja layanan layanan apa yang ingin kita gunakan untuk menunjang Proses bisnis kita.

  • Infrastuktur AWS Global

Di AWS sendiri terkait infrastrukturnya itu sejauh ini sudah terdapat 24 Region 76 Availability Zone, ada 97 Direct connect location, Lalu ada 245 Negara yang sudah dilayani atau sudah mendukung layanan-layanan AWS ada 216 point of Presense, nanti kita akan bahas secara detailnya satu-satu.

A. AWS Region

Kita bahas AWS Region terlebih dahulu ya? AWS Region yaitu setiap region berada di lokasi geografis tertentu jadi region ini adalah wilayah yang di wilayah tersebut itu terdapat pusat data yang jika kita gunakan layanan-layanan di dalamnya bisa kita gunakan untuk kebutuhan bisnis kita, AWS menyebutnya dengan region ya. Jadi ada sejauh ini ada 24 region dan nilainya akan terus bertambah termasuk nantinya akan ada Region Indonesia sekitar Tahun 2021/2022 ya nanti AWS akan membangun Regions di Indonesia.

Setiap lokasi geografis memiliki sebuah server pusat data yang kita sebut dengan Availability Zone atau AZ , di dalam satu region didalamnya itu minimal mempunyai lebih dari satu AZ , jadi hampir semua region itu minimal memiliki 3 Availability Zone atau 3 cluster pusat data, jadi untuk dukung kegiatan bisnis kita di suatu region misalnya backup data dan kita ingin memastikan latency rendah makanya AWS menyediakan minimal mempunyai 3 Availability Zone atau 3 cluster pusat data di setiap Region yang tadi saya sebutkan jadi semua region itu minimal mempunyai 3 Availability Zone atau 3 cluster pusat data, nanti kita bahas Apa itu Availability Zone lebih detailnya. Sampai saat ini sudah mendukung atau sudah tersedia 24 wilayah jadi ada 24 Region sejauh ini dan nilainya akan terus bertambah, nah biasanya untuk memilih region mana, atau untuk ketika kita akses ke AWS lalu kita gunakan layanannya yang pertama kali harus kita tentukan yaitu Regionnya, jadi kita ingin memanfaatkan misalnya pelayanan servernya, keluar servernya kita ingin install misalnya Linux Server, Windows Server di dalamnya, yang pertama kali harus kita tentukan itu region mana yang ingin kita gunakan yang didasari beberapa faktor:

  • 1. Data Governance, legal requirements di suatu negara ya contohnya di Indonesia ini dibeberapa itu institusi itu untuk pusat datanya tidak boleh disimpan di luar negeri hanya untuk data-datanya Itu harus disimpan di Indonesia jadi kita harus Tentukan apakah di negara kita atau di perusahaan kita itu secara hukumnya atas cara peraturan itu membolehkan untuk menyimpan data di luar negeri yaitu faktor yang pertama bernama
  • 2. Biasanya terkait latency semakin jauh lokasinya dari lokasi kita tentunya latencynya akan semakin tinggi jadi kita ingin menggunakan region yang terdekat biasanya dari lokasi kita salah satu faktor lainnya
  • 3. Layanan yang tersedia di region tersebut, apakah layanan itu ada di region yang pilih sebelumnya misalnya kita ingin pilih Region Singapura Apakah Region Singapura layanan yang akan kita gunakan itu tersedia jadi kita pastikan dulu karena di setiap region itu layanannya sedikit berbeda, biasanya region-region yang baru itu tidak selengkap region-region yang sudah lama atau sudah ada sebelumnya jadi kita harus pastikan layanannya tersedia atau tidak.
  • 4. Terkait Cost ya jadi di setiap Region itu harganya atau biayanya berbeda-beda Biasanya karena region tersebut sudah lama biasanya harganya lebih murah dibanding region-region yang baru biasanya harganya lebih mahal jadi kita cek dulu apakah Costnya itu sudah mendukung anggaran kita, sudah bisa kita gunakan dan sudah Oke nanti tak bisa tentukan. Jadi itu biasanya beberapa faktor ya jadi beberapa Point yang bisa kita gunakan untuk memilih Region mana yang akan kita gunakan layanannya di region tersebut.

B. Availability Zone

terkait apa itu Availability Zone satu atau lebih pusat data tersembunyi di AWS Region jadi sejauh ini AWS tidak mempublikasikan lokasi terkait pusat data tersebut menjadi pusat data di AWS itu kita sebutnya dengan Availability Zone dalam 1 AZ itu secara bangunan fisik itu bisa lebih dari 1 jadi bisa lebih dari 1 pusat data jadi tidak satu Availability Zone itu satu pusat data itu bisa lebih dari satu atau lebih dan terletak di dalam area geografis AWS Region jadi dalam satu region Singapore katakanlah kita punya 3 Availability Zone itu mempunyai lebih dari satu atau lebih Data center ya!

Redundant power , jaringan dan konektivitas nah kenapa kita sebut itu dalam satu region karena secara power jaringan dan konektivitas itu saling mendukung misalnya kita ingin melakukan totalnya backup dari 1 AZ ke AZ yang lain secara latensi itu sangat kecil atau sangat baik ya Jadi kita tidak cara konektivitas dari lokasi kita itu sangat mendukung.

Sejauh ini sudah tersedia 73 Availability Zone dan nilainya terus bertambah jadi itu terkait AWS Region dan juga Availability Zone nah ini contohnya contoh penamaan nih jadi contoh penamaan terkait region dan juga AZ di AWS Cloud ini Jadi ini contohnya ada ap-southeast-1a jadi AP ini kita sebutnya dengan areanya jadi ini singkatan dari Asia Pasifik southeast ini kita sebutnya subarea lalu 1a ini nomor di zona aja di dalam satu region misalnya region southeast ini itu ada 3 Availability Zone ini kita seperti ini contohnya ketika ada 3 jadi ada ap-southeast-1a,ap-southeast-1b,dan ap-southeast-1c jadi ini dalam satu region di region tersebut itu ada 3 Availability Zone jadi yang membedakan untuk a b dan c nya Ini contohnya Jadi yang tadi ap-southeast jadi itu region Singapore ke berada di area Asia Pasifik ya jadi di subaea itu Singapura di Asia Tenggara selalu ada 3 Availability Zone Yang tadi kita sebutkan 1 A 1 B dan 1 C sejauh ini Ini contohnya region-region yang tersedia ya di Amerika sendiri itu ada 4 kalau kita bisa lihat ada Virginia ada di Ohio, California dan juga Oregon.

Tatacara Penamaan Area
Pilihan area yang tersedia di AWS

C. Edge Location
yang namanya Edge Location ini itu N point yang bisa untuk caching konten yang biasanya untuk kebutuhan Website ya sehingga website kita bisa diakses lebih cepat di seluruh dunia, lalu digunakan pada layanan Salah satunya yaitu CloudFront dan juga Route 53, jadi beberapa layanan yang memanfaatkan Edge Location ini sehingga ketika kita ingin akses suatu website yang disimpan di AWS itu bisa lebih cepat walaupun user-user nya berada di seluruh dunia yang berada di lokasi-lokasi yang berbeda sejauh ini tersedia di lebih dari 200 lokasi jadi AWS akan menentukan user tersebut berada di lokasi mana sehingga kontennya itu akan disediakan di lokasi terdekat dengan user tersebut .

Mengizinkan AWS menyajikan konten dari lokasi yang dekat dengan pengguna nah ini contoh terkait layanan layanan yang disediakan di AWS ya kalau kita login ke AWSnya jadi kalau kita lihat ALL servisnya ada puluhan ya jadi double dari confuse developer tools learning mobile content dan lain sebagainya jadi kita bisa gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis kita, lalu kalau kita lihat di bagian atas karena login ketika kita login kita sudah harus menentukan Region yang mana yang ingin kita gunakan, biasanya untuk kebutuhan belajar untuk kebutuhan testing ini kita bisa gunakan di region Virginia yang paling lengkap. Biasanya ketika AWS launching layanan-layanan baru yang pertama kali tersedia itu di region Virginia jadi untuk kebutuhan belajar kita bisa memanfaatkan region Virginia lalu untuk production misalnya ya kita bisa region yang terdekat dengan lokasi kita itu Singapura yang paling dekat yah jadi di Asia Pasifik yaitu salah satunya yaitu Singapura.

untuk mengecek layanan layanan yang tersedia di masing-masing region ya jadi kita bisa akses ke alamat ini AWS ya Jadi ini kita bisa cek agar kita ketik saja di Google aws global infrastructure Nah di dalamnya kita bisa lihat layanan layanan yang tersedia di kawasan Amerika misalnya di dunia ini hampir semua layanan di AWS itu terjadi di Virginia tapi di lokasi yang lain itu belum tentu tidak tersedia untuk Alexa kita bisa lihat ya pastikan layanan yang akan kita gunakan Apakah tersedia di region tersebut.

Lalu ini juga webiste yang cukup menarik untuk melihat AWS Global infrastructure ya Jadi bisa diakses di infrastrukture.aws ya Jadi bisa akses ke sini ya kalau kita bisa cek Iya jadi ini Global infrastructure yang sudah dibangun jadi ini informasi-informasi yang disediakan oleh AWS salah satunya region apabila ditinjau lokal Zones, point of presense dan lain sebagainya jadi kalau kita cek misalnya untuk di Euro, Spain ini kita bisa klik saja regionnya maka maka informasinya akan muncul . terima kasih

You may also like...

Popular Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *