error mysql

Mengatasi Error Pada Mysql Server “Job for mysqld.service failed See “systemctl status mysqld.service”

Bagi seorang Sysadmin atau para programmer bahasa pemrograman PHP atau bahasa lainya pasti tidak asing dengan database sejuta umat yaitu MYSQL Server , namun pada perkembanganya berganti sebutan dengan nama MariaDB sebagai nama barunyanya. Namun secara teknis tidak ada yang berubah semua fungsi dan perintah masih tetap sama , mungkin ada sedikit perubahan karena perbedaan versi pengembangannya saja.

Error “Job for mysqld.service failed” pada MySQL server mungkin disebabkan oleh beberapa hal, termasuk konfigurasi yang salah, file sistem yang rusak, atau masalah pada dependensi.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menjalankan perintah “systemctl status mysqld.service” untuk melihat rincian status service dan mencari tahu penyebab masalah. Jika masalah terkait konfigurasi, periksa file konfigurasi MySQL untuk kesalahan. Jika masalah terkait file sistem, cobalah untuk memperbaiki atau memperbarui file yang rusak. Jika masalah terkait dependensi, cobalah untuk memperbarui atau menginstal ulang dependensi yang dibutuhkan.

Jika masih tidak dapat mengatasi masalah, Anda dapat mencoba untuk mengambil langkah-langkah troubleshooting lebih lanjut seperti mengambil backup data, menghapus data yang rusak, atau mencoba untuk mengambil log error dari mysql untuk mengetahui lebih jelas masalah yang terjadi. Cara nya sebagi berikut:

/etc/init.d/mysql stop
service mysql stop
killall -KILL mysql mysqld_safe mysqld
/etc/init.d/mysql start
service mysql start

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *