Install Docker Compose di Linux Ubuntu

Apa itu Docker Compose ?

Docker-Compose adalah alat untuk menentukan dan menjalankan aplikasi Docker multi-container. Dengan Compose , Anda menggunakan file text untuk mengonfigurasi layanan aplikasi Anda. Kemudian, dengan menggunakan satu perintah, Anda membuat dan memulai semua layanan dari konfigurasi Anda.

Meskipun kita dapat menginstal Docker Compose dari repositori resmi Ubuntu, mungkin ini adalah beberapa versi minor di belakang rilis terbaru, jadi kita akan menginstal Docker Compose dari repositori GitHub Docker. Perintah di bawah ini sedikit berbeda dari yang Anda temukan di halaman Rilis. Dengan menggunakan tanda -o untuk menentukan file keluaran terlebih dahulu daripada mengarahkan keluaran, sintaksis ini menghindari terjadinya kesalahan izin ditolak yang disebabkan saat menggunakan sudo. Sebelum install docker-compose jika belum install docker silahkan baca : cara install docker di linux ubuntu.

Langkah-langkah install Docker Compose

Kita akan memeriksa rilis saat ini dan jika perlu, memperbaruinya dengan perintah di bawah ini:

$ sudo curl -L https://github.com/docker/compose/releases/download/1.21.2/docker-compose-`uname -s`-`uname -m` -o /usr/local/bin/docker-compose

Selanjutnya kita akan mengatur permision filenya supaya bisa dijalankan :

$ sudo chmod +x /usr/local/bin/docker-compose

Kemudian kita akan memverifikasi bahwa penginstalan berhasil dengan memeriksa versinya:

$ docker-compose --version

jika berhasil maka tampilannya seperti gambar dibawah ini :

Selamat mencoba !! semoga berhasil mudah sekali kok

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *